Kesimpulan Seminar Internasional Abiya MUDI di Penang, Malaysia

Kegiatan ini diselenggarakan di markaz al Ghazali maktab Mahmud yan, kampung Aceh salah satu pesantren peninggalan tokoh Aceh wakaf Ny...



Kegiatan ini diselenggarakan di markaz al Ghazali maktab Mahmud yan, kampung Aceh salah satu pesantren peninggalan tokoh Aceh wakaf Nyak Ali Ainsyah untuk lembaga pendidikan agama Islam, seminar ini dilaksanakn selama dua hari pada tanggal 8-9 Maret 2019 M.

Banyak pemateri dari kalanngan intelektual Islam yang mengupas isi  kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali Ra dari segi ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan dan kami diamahkan untuk mengupas tentang ‘’tradisi Aceh dalam pendidikan dan pembelanjaran Ihya Ulumuddin’’ kemudian pada  kedua yang bertema ‘’mamfaat Ihya Ulumuddin untuk umat akhir zaman’’.

Para peserta seminar mengikuti kegiatan ini dengan penuh hikmat guna mengembalikan tradisi keilmuan para ulama pada masa-masa kejayaan Islam dulu.

Adapun yang bisa kita petik dalam seminar ini adalah :

Tiga unsur bisa kita petik dari kajian kitab Ihya Ulumuddin Bersama Abiya MUDI dalam seminar internasional di Penang, Malaysia.

Dalam kajian Ihya abiya Muhammad Baidhawi HM memaparkan secara singkat saja tentang empat poin yang di atas yang sangat penting yaitu Pengertian Syariah, Tariqah,Hakikat Makrifat.

Bahwa Imam Malik mengatakan Barang siapa belajar Fiqah tanpa Tasawuf niscaya ia akan fasiq, namun jika hanya belajar tasawuf tanpa fiqih niscaya ia zindiq Dan Jika seseorang mengumpulkan antara keduanya niscaya ia menguatkan agamanya.

Perlu diketahui bahwasanya syariah itu ibarat kapal laut untuk mengarungi lautan luas sedangkan tariqah adalah ibarat orang menyelam ke dalam laut mencari permata yang berupa Makrifat. Tidak mungkin mengarungi laut jika tak ada kapal untuk berlayar serta tidak mencapai dasar jika tanpa menyelam Untuk menemukan permata.

Tiga ilmu ini juga ibarat tanah, tanaman dan pagar. jika Tanpa tauhid ibaratnya tanpa Tanah, jika ada tanah tanpa tanaman sia-sia tidak berguna kerena hanya tanah kosong. Dan jika ada tanah dan tanaman tapi tanpa pagar niscaya tidak akan ada menghasilkan apapun disana. Sudah semestinya kita mencapai Ketiga tiganya untuk mendapatkan kesuksesan dunia-dan Akhirat karena itulah fadhu in bagi umat Islam. [Tgk Yusrizal Abdurrahman]

Related

Pengajian 1583671636548375475

Posting Komentar

emo-but-icon

Tastafi TV

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SALEUM ABU MUDI

SALEUM ABU MUDI

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

TERBARU

Facebook Humas Tastafi

Follow Us

NASEHAT SINGKAT ULAMA

NASEHAT SINGKAT ULAMA

Terpopuler

Recent

Comments

INFO PENGAJIAN TASTAFI

INFO PENGAJIAN TASTAFI

Text Widget

Connect Us

item