[Foto-Foto] Menariknya Metode Pengajian Tastafi Abon Buni Sehingga Jamaah Selalu Membludak

Abon Buni menyampaikan materi di depan para jama'ah. Foto: Tgk Fadil Fadli Tastafi.com  - Abon Buni adalah panggilan untuk seorang...


Abon Buni menyampaikan materi di depan para jama'ah. Foto: Tgk Fadil Fadli
Tastafi.com - Abon Buni adalah panggilan untuk seorang ulama kharismatik di Aceh Utara, yaitu Tgk. H. Abubakar Usman. Beliau adalah pimpinan Dayah Ashabul Yamin Desa Tumpok Masjid Kecamatan Paya Bakong Aceh Utara. Dipanggil Abon Buni karena lokasi tempat domisili dayah Ashabul Yamin ini dikenal juga dengan nama "Buni". 

Sejak belasan tahun lalu Abon Buni telah aktif mengajar Majlis Ta'lim dari satu daerah ke daerah lainnya. Dan dengan jama'ah yang terus membludak. 

Setelah sekian lama mengajar majlis ta'lim dalam format yang di dunia kampus lebih dikenal dengan sebutan "kuliah umum", kini, setiap malam Jum'at Abon Buni telah membagi kelas-kelas untuk para jama'ahnya.

[Lihat foto-foto Kelas-kelas pengajian Tastafi Abon Buni]

Ada jama'ah yang dimasukkan ke dalam kelas Alquran. Di sini jama'ah akan diajarkan tahsin dan Tajwid. Ada Jama'ah yang dimasukkan dalam kelas Fiqh. Disini diperkuat bidang Fiqh. Ada jama'ah yang dimasukkan dalam kelas Tauhid. Disini diperkuat bagian Tauhid. Kelas-kelas ini diasuh oleh Teungku-teungku yang ahli di bagiannya dan berasal dari berbagai dayah.

Dan Abon Buni juga menyempatkan diri untuk mengisi Pengajian untuk seluruh jama'ah pada setiap  malam Sabtunya di Gampong Meunasah Mee Kecamatan Matangkuli Aceh Utara dimana peserta pengajian selalu membludak. Serta malam-malam lainnya di berbagai tempat dan di berbagai kabupaten kota. 

Dalam pengajian umum ini, Abon Buni mengupas ragam masalah keagamaan yang berkaitan dengan Tasawuf, Tauhid dan Fiqh. Termasuk pembetulan bacaan-bacaan dalam shalat.

Dalam pengajian yang diasuh khusus Abon Buni, beliau mengupas isi dari berbagai kitab kepada jama'ah. Suatu hari kami berdiskusi dengan Abon Buni dan beliau memperlihatkan buku catatan beliau yang sudah sangat tebal. Buku catatan ini berisi kutipan-kutipan dari kitab-kitab yang beliau baca sebelum mengajar majlis ta'lim. 

Dengan cara ini, membuat waktu sangat efesian dan dengan penyampaikan materi yang bisa ditargetkan. Dalam mengajar kepada jama'ah, Abon Buni tampil sangat aktif di depan jama'ah. Beliau mengajar sambil berdiri dan berdiskusi secara intens dengan jama'ah. Dengan cara seperti ini, pengajian menjadi hidup. Jama'ah selalu semangat dan bergairah. Buktinya, belasan tahun jama'ah terus bertambah dan tidak pernah berkurang. Alhamdulillah. 

Kita do'akan Abon Buni selalu dalam lindungan Alah Subhanahu wa Ta'ala. Amiin. [teukuzulkhairi, Anggota Humas Majelis Tastafi Pusat]

  










Sumber foto: Akun Facebook Tgk Fadil Fadli

Related

Pengajian 3404990858705328319

Posting Komentar

  1. Semoga majelis pengajian semakin berkembang

    BalasHapus
  2. Semoga abon dan ulama2 Aceh lainnya diberikan kesehatan oleh Allah, berkah ilmu dan berkah umur.. Aamiin..

    BalasHapus

emo-but-icon

Tastafi TV

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SALEUM ABU MUDI

SALEUM ABU MUDI

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

TERBARU

Facebook Humas Tastafi

Follow Us

NASEHAT SINGKAT ULAMA

NASEHAT SINGKAT ULAMA

Terpopuler

Recent

Comments

INFO PENGAJIAN TASTAFI

INFO PENGAJIAN TASTAFI

Text Widget

Connect Us

item