Abu Mudi Lantik Pengurus Pusat Tastafi Aceh

BANDA ACEH - Pengurus Pusat Majelis Pengajian dan Zikir Tasawuf, Tauhid dan Fiqh (Tastafi) Aceh periode 2018-2023 dilantik oleh Abu Syeikh...

BANDA ACEH - Pengurus Pusat Majelis Pengajian dan Zikir Tasawuf, Tauhid dan Fiqh (Tastafi) Aceh periode 2018-2023 dilantik oleh Abu Syeikh H Hasanoel Bashry HG (Abu Mudi) selaku pendiri sekaligus pembina majelis tersebut.

Pelantikan berlangsung di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Selasa (17/4) malam. Hadir ribuan santrian dan santriwati dari berbagai dayah dan jamaah pengajian Tastafi dari berbagai daerah di Aceh.

Unsur pengurus yang dilantik antara lain Ketua Umum Tgk H Muhammad Amin Daud, Sekretaris Umum Tgk Marzuki Abdullah MPd, Bendahara Umum Tgk H Sayed Mahyeddin TMS, dan ketua divisi serta pengurus harian lainnya.


Abu MUDI berpesan kepada Pengurus Tastafi agar dapat menyelenggarakan kegiatan Tastafi di seluruh wilayah Aceh dan luar Aceh.


“Dalam rangka membumikan pengajian tasawuf, tauhid, dan fiqih berdasarkan ahlussunnah wal jamaah serta melindungi masyarakat dari ajaran sesat, liberalisme, sekularisme, dan radikalisme,” katanya.

Setelah dilantik, Pengurus Tastafi ditepungtawari (dipeusijuek) oleh ulama kharismatik Aceh, Waled Nurzahri dan Abu Kuta Krueng sekaligus pembacaan doa.

Acara itu dilanjutkan tausiah yang disampaikan tiga ulama Aceh yaitu Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Ayah Jeunieb), Drs Tgk H Muhammad Daud Hasbi MA dan DR Tgk H Muhammad Hidayat MBA dan diakhiri dengan pangajian yang dipimpin Abu Mudi.

Sejumlah pejabat Aceh juga terlihat hadir pada acara itu, antara lain Wali Nanggroe Malik Mahmud, Asisten I Setda Aceh Iskandar A Gani, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, dan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Juga terlihat mantan wakil gubernur Aceh Muzakir Manaf alias Mualem, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, President Aceh Community Malaysia Datuk Haji Mansyur bin Usman, dan sejumlah ketua partai politik.

Pada kesempatan itu juga disampaikan hasil mubahasah perdana lajnah bahtsul masa‘il Tastafi oleh tim perumus hasil bahtsul masail, Tgk H Helmi Imran MA. Mubahasah itu sendiri berlangsung pada 15-17 April 2018 di Auditorium Ali Hasjmy Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh dihadiri 117 anggota lajnah dan ulama Aceh.

Helmi menyampaikan, selama tiga hari mubahasah itu secara fokus mengkaji empat pemahaman ulama ahlussunnah wal-jama’ah yaitu pemahaman Abu Hasan Asy’ari dan fase perkembangan pemikirannya, Firqah-firqah 72 dan akidah mereka, mendalami bukti ilmiah bahwa Asy’ariyah dan Maturidiyah merupakan ahlussunnah wal-jama’ah, dan memahami perbedaan istilah ta’abbud, tabarruk, tawassul, tafa‘ul, dan ta’zhim.

Hasil mubahasah yang disepakati antara lain, Asy’ariyah dan Maturidiyah konsisten mengikuti metode salafussalih dalam berpegang pada Alquran, sunnah dan atsar yang diriwayatkan dari Rasulullah saw dan para sahabatnya.

“Bukti ilmiah bahwa Asy’ariyah dan Maturidiyah merupakan ahlussunnah wal-jama’ah yaitu memiliki manhaj tawasuth (moderat) dalam pemahaman akidah; tidak ekstrem/radikal dan tidak mudah mengkafirkan sesama muslim,” katanya.


Asy’ariyah dan Maturidiyah juga merupakan kelompok mayoritas dalam Islam (al-sawadul a’zham) yang representasinya di masa sekarang berada dalam lingkup mazhab fikih yang empat (Hanafi, Maliki, al-Syafi’i dan Hanbali). Selain itu juga mengupayakan penyucian Allah Swt dari berbagai bentuk penyerupaan-Nya dengan makhluk.(mas)


sumber: serambinews.com dengan judul Abu Mudi Lantik Pengurus Pusat Tastafi Aceh  , http://aceh.tribunnews.com/2018/04/18/abu-mudi-lantik-pengurus-pusat-tastafi-aceh.


Related

Pengajian 8054491811605792840

Posting Komentar

emo-but-icon

Tastafi TV

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

SALEUM ABU MUDI

SALEUM ABU MUDI

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

SALEUM TU SOP (KETUA HUDA/KETUA 1 TASTAFI))

TERBARU

Facebook Humas Tastafi

Follow Us

NASEHAT SINGKAT ULAMA

NASEHAT SINGKAT ULAMA

Terpopuler

Recent

Comments

INFO PENGAJIAN TASTAFI

INFO PENGAJIAN TASTAFI

Text Widget

Connect Us

item